Senin, 30 Januari 2017

Lesson Plan



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
A.    Identitas
Satuan Pendidikan          :  SD Negeri 10 Sengkuang Kuning
Mata Pelajaran                :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester               :   III / 2
Alokasi Waktu                 :   3 x 35 menit
Pertemuan ke                   : Pertama
B. Standar Kompetensi :
4.  Memahami berbagai cara gerak benda, hubunganya dengan energi dan      sumber energi
C. Kompetensi Dasar : 
4.1.  Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

D. Indikator :
4.1.1        Menjelaskan pengertian gerak
4.1.2        Menyebutkan berbagai cara gerak benda
E.     Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan mengamati demonstrasi guru tentang gerak suatu benda, siswa dapat menyimpulkan pengertian gerak
2.      Dengan mengamati demonstrasi guru tentang berbagai cara gerak benda, siswa dapat menentukan jenis gerak benda berdasarkan cara gerak yang didemonstrasikan guru.
F.   Materi Pokok Pembelajaran
Gerak Benda
Gerak merupakan perpindahan tempat atau kedudukan. Gerak benda dapat terjadi dengan berbagai cara antara lain jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar dan tenggelam.
1.      Gerak benda jatuh
Pernahkah kamu melihat buah mangga yang jatuh dari pohon? Buku dan pensil kamu jatuh dari atas meja? Bagaimana arah geraknya? (tentu gerakanya ke bawah bukan?) jenis gerakan seperti itu disebut jatuh.
2.      Gerak benda mengalir
Gerakan semua benda cair seperti air, selalu mengalir. Secara alami, benda cair akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Seperti air sungai yang berasal dari mata air di pegunungan  atau berasal dari air hujan. Air sungai kemudian mengalir ke laut yang letaknya lebih rendah. Adanya perbedaan ketinggian antara pegunungan atau sungai dengan laut menyebabkan air dapatmengalir. Jadi, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah.
3.      Gerak benda memantul
Pernahkah kamu melemparkan bola ke arah dinding? Bagaimana arah bola yang mengenai dinding tersebut? Setelah bola membentur dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut memantul.
4.      Gerak benda menggelinding
benda yang bergerak dengan cara menggelinding adalah benda yang berbentuk bulat seperti bola dan kelereng. Jika kamu menendang bola atau bola berada pada lintasan miring, maka bola akan bergerak berputar sambil berpindah ke arah tertentu. Gerakan semacam ini disebut mengelinding. Gerak menggelinding menyebabkan kedudukan benda berubah.
5.      Gerak benda berputar
Pernahkah kamu melihat kincir angin? Bagaimanakah gerakannya? Pernahkah kamu menggunakan kipas angin saat udara di dalam rumahmu terasa panas? Bagaimanakah gerakannya? Gerakan pada kincir angin dan kipas angin tersebut dinamakan berputar. Benda umumnya berputar pada as atau porosnya.
6.      Gerak benda tenggelam
Sebuah benda dikatakan tenggelam jika benda bergerak dari permukaan air menuju dasar wadah yang menampung air tersebut.
G.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan kontekstual
2.      Metode Pembelajaran : Demonstrasi, Tanya jawab dan Penugasan
H.    Langkah-langkah Kegaitan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (15 menit)
a.       Salam dan presensi
b.      Apersepsi
1.      Zona Alfa : Brain Gym
2.      Scene Setting : anak-anak, pernahkan kalian melihat buah durian lepas dari dahannya dan menuju bumi? Pernahkah kalian sampah hanyut di atas permukaan air sungai? Atau kalian menendang bola kaki, apa yang terjadi pada bola tersebut? Berberapa kejadian tersebut merupakan gerak suatu benda. Nah, hari ini kita akan mempelajari gerak benda.
3.      Pre-teach : anak-anak pada pembelajaran hari ini kita akan mengamati gerak suatu benda, masing-masing kalian akan mendapatkan lembar aktivitas siswa dan mengerjakan proyek yang terdapat pada lembar aktivitas siswa tersebut. Jadi bapak harapkan kita harus fokus pada seluruh aktivitas pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
a.    Siswa mengamati aktivitas demonstrasi oleh guru tentang gerak suatu benda, antara lain :
1). guru memindahkan buku tulis di atas meja guru ke meja siswa
2). guru memindahkan penghapus
b.    Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pengertian gerak.
c.    Siswa dibagikan lembar aktivitas siswa pada saat mengamati demonstrasi guru tentang berbagai cara gerak suatu benda.
d.   Siswa menentukan jenis gerak benda berdasarkan pengamatan aktivitas demonstrasi oleh guru tentang berbagai cara gerak suatu benda dengan mengisi kolom tabel pada lembar aktivitas siswa.
e.    Siswa dan guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan jenis-jenis gerak benda beserta ciri dan kegunaan masing-masing gerak benda dan siswa menuliskannya pada lembar aktivitas siswa.
f.     Siswa dengan bimbingan guru mencatat dengan cara membuat mind map tentang rangkuman materi pelajaran
3.      Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk mengetahui/mengukur ketercapai tujuan pembelajaran
b.      Guru memberikan tindak lanjut berupa apresiasi terhadap proses dan hasil belajar siswa
c.       Salam penutup
I.       Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber Belajar
a.       BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Depdiknas.
b.      Priyono dan Titik Sayekti. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.      Media Pembelajaran
a.       Polpen, Spidol, kertas.
b.      Bola kasti, bola pingpong, bola kaki
c.       Jam dinding,
d.      Air, ember dan paku.
J.       Penilaian
1.      Jenis Penilaian             : Penilaian Keterampilan Proses Sains
2.      Teknik Penilaian          : Observasi dan tes tertulis
3.      Kisi-kisi Instrumen Penilaian (terlampir)
4.      Pedoman Penskoran (rubrik terlampir)
5.      Instrumen penilaian (lembar observasi dan soal tes terlampir)
Mengetahui,
Kepala Sekolah

Sengkuang Kuning, Januari 2017
Guru Kelas III (Peneliti)




Lusia Muhniarti, S.Pd
NIP 19700803 199303 2 006

Oktoriyadi, S.Pd
NIP 19881007 201402 1 001

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html